Psikotest Peserta Didik Baru SMAN 1 Keruak Tahun Pelajaran 2021-2022

Psikotest atau Tes Psikologi adalah salah satu langkah untuk meningkatkan layanan SMAN 1 Keruak kepada masyarakat, khususnya kepada para orang tua yang mendaftarkan putra-putri mereka di SMAN 1 Keruak pada Tahun Pelajaran 2021-2022. Test ini bertujuan untuk membantu orang tua dan peserta didik baru mempertimbangkan pemilihan jurusan yang tepat sesuai dengan kemampuan intelegensi anak berdasarkan hasil test psikologi mereka.

Hasil test psikologi ini merupakan gambaran intelegensi, kebiasaan dan potensi anak dalam bidang tertentu sehingga bermanfaat bagi konselor maupun guru dalam memberikan layanan konseling dan bimbingan yang optimal kepada peserta didik apabila ditemukan permasalahan dalam belajar mereka, selain untuk memaksimalkan potensi dan kemampuan yang mereka miliki.

SMAN 1 Keruak bekerjasama dengan Biro Layanan Tes dan Bimbingan Lombok Timur yang beralamat di Jalan KH. Hasyim Asy’ari Selong Lombok Timur, telah mengadakan Psikotest untuk 334 peserta didik baru yang diterima pada Tahun Pelajaran 2021-2022 pada hari Selasa, 13 Juli 2021 yang pelaksanaannya bertempat di SMAN 1 Keruak.

Menurut Bapak Drs. H. Sidik, M.Pd, dari Tim Biro Layanan Tes dan Bimbingan, bahwa tes ini bertujuan untuk memperoleh data psikis siswa sebagai salah satu dasar untuk memahami mereka dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik. Lebih lanjut disampaikan beliau bahwa data yang diungkap melalui psikotes ini berupa inteligensi, kecendungan dalam bidang minat pribadi sosial, natural, mekanik, bisnis, seni dan sains. Data tersebut-lah yang perlu untuk dipahami oleh peserta didik, orang tua peserta didik, guru terutama BK (Bimbingan Konseling) dan kepala sekolah. Sehingga semua bisa membantu, mengarahkan dan memberikan pembimbingan yang terbaik bagi peserta didik dalam memilih jurusan, kelanjutan studi dan karir mereka kelak.

Hasil Test Psikologi ini ditujukan sebagai bahan pertimbangan tidak saja bagi anak tetapi juga bagi orang tua dan konselor sekolah di samping hasil angket yang telah diisi peserta didik baru (atas persetujuan orang tua mereka tentunya) dalam membantu mengarahkan anak untuk menentukan pilihan jurusan mereka di SMAN 1 Keruak semenjak mereka mulai duduk di kelas X.

Mengingat pelaksanaan Psikotest di SMAN 1 Keruak adalah sebagai bentuk layanan kepada masyarakat dan civitas akademika SMAN 1 Keruak untuk peningkatan mutu pendidikan, maka segala pembiayaan yang timbul dari kegiatan ini didanai dari dana BOS.

Peserta Psikotest diberikan arahan sebelum mengikuti test oleh Tim Tester dari Biro Layanan Tes dan Bimbingan

Dalam Mengikuti Psikotest Peserta Wajib Mematuhi Protokol Kesehatan

Guru Bimbingan Konseling dan Tim Tester dari Biro Layanan Test dan Bimbingan sedang berdiskusi sebelum pelaksanaan Psikotest dimulai

Spread the love